Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Bertempat di Kantor Kecamatan Cakung – Jakarta Timur, pada tanggal 6 Desember 2016, Tim BPPT – PTRRB yang terdiri dari DR. Mulyo Harris Pradono, DR Odilia Rovara, Ir. Nana Sudiana, Msi dan Ahmad Pratama Putra SSi, hadir dalam acara Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Kajian Pemetaan Bahaya dan Risiko Bencana Gagal Teknologi Kebakaran Perkotaan.
Kebakaran perkotaan merupakan salah satu bencana dengan frekuensi tertinggi di DKI Jakarta. Rata-rata kejadian bencana kebakaran di Jakarta adalah 1.000 (seribu) kejadian pertahun. Tahun 2012 tercatat sebanyak 1.008 kebakaran perkotaan, dengan risiko kerugian diperkirakan mencapai Rp 290.304.480.000.  Untuk mengurangi risiko bencana kebakaran perkotaan tersebut, maka pada tahun 2016 PTRRB-BPPT bekerjasama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan DKI Jakarta melakukan Kajian Pemetaan Bahaya dan Risiko Bencana Kebakaran Perkotaan di wilayah DKI Jakarta dengan wilayah Percobaan di Kecamatan Cakung Jakarta Timur.
Untuk mendapatkan perbaikan dan masukan terhadap hasil kegiatan tersebut dilakukan  Focus Group Discussion  di Kecamatan Cakung Jakarta Timur yang dihadiri oleh Kepala Kecamatan Cakung, seluruh Kepala Kelurahan di Kecamatan Cakung dan Wakil dari Sektor Pemadam Kebakaran di Kecamatan Cakung.  Banyak masukan berupa perbaikan dan saran yang segera ditindaklanjuti untuk perbaikan laporan hasil kegiatan. Selanjutnya laporan final akan di sosialisasikan kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan DKI Jakarta.  Diharapkan hasil kajian ini dapat diterima dan dijadikan acuan untuk analisis bahaya dan risiko bencana kebakaran permukiman  di seluruh wilayah DKI Jakarta.  Hasil ini dapat menjadi acuan para pihak untuk membuat rencana dan program pencegahan dan penanggulangan kebakaran permukiman secara holistik dan terintegrasi.

 

Statistik Pengunjung

5.png9.png9.png9.png2.png
Today8
Yesterday43
This week8
This month197

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378