Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Rapat Koordinasi di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat

Kabupaten Mamuju Tengah  merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2013 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 19 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5397), yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat.

Hasil pemekaran tersebut mencakup lima (5) kecamatan, yaitu Kecamatan Tobadak, Pangale, Budong Budong, Topoyo, dan Kecamatan Karossa. Secara keseluruhan wilayahnya terbentang seluas 3.014,37 km2, dengan jumlah penduduk mencapai 154.606 jiwa (data tahun 2012), serta jumlah desa/kelurahan sebanyak 56 desa/kelurahan.

Kabupaten Mamuju Tengah berbatasan dengan Mamuju Utara di sebelah utara, Luwu Utara di sisi timur (Sulawesi Selatan), Mamuju di sebelah selatan, dan Selat Makassar di sisi barat, dengan ibukota Benteng Kayu Mangiwang yang terletak di Kecamatan Tobadak.

Pertanian

Komoditas unggulan pertanian tanaman pangan adalah padi, dan jagung. Dua komoditas ini terhampar pada lahan pertanian sawah tadah hujan dan sawah irigasi. Begitu juga komoditas Jagung, komoditas ini sangat berkembang di Kabupaten Mamuju Tengah. Sebaran paling besar tanaman padi ada di Kecamatan Karosa, dan Pangale. Sedangkan tanaman jagung merata di semua kecamatan.

Tanaman hortikultura yang menonjol dan menjadi komoditas unggulan adalah tanaman pisang. Jenis pisang yang tumbuh subur dan mempunyai produktivitas tinggi adalah pisang Kepok dan pisang Raja. Hamparan tanaman pisang sangat kasat mata tumbuh baik dan subur di Kabupaten Mamuju Tengah. 

Perkebunan

Komoditas tanaman unggulan perkebuna di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah adalah Tanaman Sawit dan Kakao.

Mangrove dan Perikanan

Luas mangrove (hutan bakau) di Kabupaten Mamuju Tengah lebih kurang 171,43 Ha. Kawasan perikanan di Kabupaten Mamuju tengah berupa kawasan perikanan tambak (perikanan air payau). Kawasan perikanan tambak  di Kabupaten Mamuju Tengah mencakup areal seluas 3.736,19 Ha (1,24%), terdapat di Kecamatan Budongbudong, Karossa, Pangale, dan Topoyo.

Pariwisata

Secara umum, kawasan peruntukan pariwisata di Kabupaten Mamuju Tengah, terdiri atas; kawasan peruntukan wisata budaya, kawasan peruntukan wisata alam, kawasan peruntukan wisata bahari, kawasan peruntukan wisata agro, kawasan peruntukan wisata minat khusus dan kawasan peruntukan wisata buatan.

Peta Administrasi di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat

Statistik Pengunjung

5.png3.png6.png3.png9.png
Today13
Yesterday33
This week177
This month780

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378