Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Rapat Koordinasi Tim BPPT, Bappeda, dan Dinas-Dinas Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan

Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2013 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 112 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5429), yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan.

Hasil pemekaran tersebut mencakup 7 (tujuh) kecamatan, yaitu Kecamatan Rupit, Rawas Ulu, Nibung, Rawas Ilir, Karang Dapo, Karang Jaya, dan Kecamatan Ulu Rawas. Secara keseluruhan wilayahnya terbentang seluas 6.008,55 km2, dengan jumlah penduduk mencapai 195.689 jiwa (data tahun 2012), serta jumlah desa/kelurahan sebanyak 89 desa/kelurahan.

Kabupaten Musi Rawas Utara berbatasan dengan Kabupaten Sarolangun (Jambi) di sisi utara, Kabupaten Musi Banyuasin di sisi timur, Kabupaten Musi Rawas di sisi selatan, dan di sebelah barat dengan Kabupaten Lebong (Bengkulu), yang beribukota di Kelurahan Muara Rupit yang terletak di Kecamatan Rupit.

Pertanian

Sebagai penyumbang terbesar utama dalam perekonomian Kabupaten Musi Rawas Utara, sektor pertanian tanaman pangan merupakan sektor unggulan pertama kabupaten.

Perkebunan

Karet merupakan komoditas paling besar dari sektor perkebunan di Kabupaten Musi Rawas Utara. Perkebunan kelapa sawit rakyat memiliki persentase penggunaan lahan yang hanya sekitar 2,2% dari total lahan yang ada di Kabupaten Musi Rawas Utara. Akan tetapi, apabila dilihat dari jumlah produksinya, pada tahun 2012 kelapa sawit rakyat di kabupaten ini sudah mampu menempati peringkat 5 dalam lingkup kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Pertambangan

Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki berbagai potensi di bidang pertambangan dan penggalian baik pada sektor migas maupun non migas. Akan tetapi, apabila dilihat pada perkembangan nilai PDRB nya selama ini diketahui bahwa minyak dan gas bumi merupakan komoditas utama sektor ini. Saat ini potensi bahan tambang yang ada di Musi Rawas Utara terdiri dari batubara, emas, perak, tembaga, besi, timah hitam dan seng.

Peternakan

Berdasarkan kondisi klimatokologi untuk pertumbuhan rumput pakan ternak dan hamparan lahan yang dimungkinkan untuk pengembangan ternak skala besar, pemerintah daerah telah memprioritaskan pengembangan Kecamatan Ulu Rawas sebagai lokasi pengembangan sektor peternakan khususnya kambing, domba.

Perikanan

Terdapat dua jenis sumber produk ikan di Kabupaten Musi Rawas Utara, yaitu perikanan tangkap dan perikatan budidaya. Perikanan tangkap sepenuhnya memanfaatkan sumber daya alam yang dihasilkan dari sungai, danau  dan waduk yang ada di kabupaten ini, sedangkan untuk perikanan budidaya banyak dilakukan di kolam, keramba maupun jaring apung.

Pariwisata

Untuk sektor pariwisata, Kabupaten Musi Rawas Utara mempunyai berbagai obyek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Namun dengan berbagai pertimbangan terutama dana, terdapat 4 obyek wisata yang diunggulkan pengembangannya oleh pemerintah daerah adalah Danau Raya/Rayo-Kecamatan Rupit, Gua Napalicin di Kecamatan Ulu Rawas, Curup Sembilan dan Bendungan Ulu di Kecamatan Karang Jaya.

Peta Administrasi Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan

Statistik Pengunjung

5.png5.png5.png8.png0.png
Today4
Yesterday28
This week4
This month176

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378