Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Foto Bersama Tim BPPT, Bappeda, dan Dinas-Dinas di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah

Kabupaten Banggai Laut merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 20 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5398), yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hasil pemekaran tersebut mencakup tujuh (7) kecamatan, yaitu Kecamatan Banggai, Banggai Utara, Bokan Kepulauan, Bangkurung, Labobo, Banggai Selatan, dan Kecamatan Banggai Tengah. Secara keseluruhan wilayahnya terbentang seluas 725,67 km2, dengan jumlah penduduk mencapai 63.580 jiwa (data tahun 2012), serta jumlah desa/kelurahan sebanyak 66 desa/kelurahan.

Kabupaten Banggai Laut berbatasan dengan Laut Maluku, Selat Kalumbatan, dan Selat Bangkurung disisi utara, Laut Maluku di sisi timur, Laut Banda di sisi selatan, dan di sebelah barat dengan Teluk Tolo, yang beribukota di Banggai yang terletak di Kecamatan Banggai.

Perikanan dan Kelautan

Sebagai kabupaten kepulauan, perikanan dan kelautan merupakan sektor unggulan. Target budidaya rumput laut di Sulawesi Tengah sangat tinggi yaitu 1jt ton/tahun yang hanya akan dipenuhi oleh Kabupaten Banggai Laut dan Kabupaten Banggai Kepulauan. Budidaya rumput laut berada di Teluk Teluk Bulagi (Bulagi Selatan), Pulau Bangkurung, Pulau Banggai, dan Pulau Bokan kepulauan.

Pertanian

Padi merupakan makanan pokok di Kabupaten Banggai Laut, akan tetapi saat ini 100% masih impor dari luar daerah. Tanaman padi yang merupakan target nasional, berdasarkan RTRW akan dibangun di Bangkurung yaitu di Desa Dongkean s/d Mbeleang seluas 1.000 HA. Tetapi banyak kendala meliputi porositas tinggi, penetrasi air laut, ketersediaan air. Untuk di Bonde Baru dan Toli Situ Bono sudah ada 15-20 HA, kendalanya adalah irigasi rusak berat, poroitas tinggi. Saat ini yang sudah dikembangkan adalah sayur-sayuran dan holtikultura. Wilayah Dongkean s/d Sasabobole, Kecamatan Bangkurung untuk pengembangan peternakan. Lahan cadangan pangan di Desa Dongkean S/D Mbeleang diharapkan lahan pertanian, jika tidak dapat juga untuk lahan komoditas tanaman lain (ubi-ubian). Di Bangkurung akan dibangun dermaga feri atau sekelasnya dan juga dibangun jalan lingkar pulau untuk pengembangan infrastruktur kemaritiman.

Pariwisata

Kabupaten Banggai Laut memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Sebagai kabupaten baru, Dinas Priwisata dan Ekonomi Kreatif Banggai Laut baru terbentuk 7 bulan. Potensi yang besar berada di Pulau Bangkurung, tepatnya di Tolobundo dan sudah diresmikan menteri, akan tetapi kemudian hilang dan tidak ada di agenda nasional. Tolobundo akan dijadikan wisata bahari. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke daerah tersebut untuk menikmati wisata bahari. Sementara itu, PAD dari pariwisata belum ada karena payung hukum belum ada dan juga pembiayaan untuk sektor pariwisata yang minim. Potensi lainnya adalah danau ubur-ubur di Bokan Kepulauan. Wisatawan dapat berenang di danau ini tanpa takut tersengat. Kabupaten Banggai Laut berkeinginan untuk menyelenggarakan Sail Banggai, tentunya dengan didukung oleh kabupaten sekitar dan provinsi.

Pertambangan

Potensi pertambangan di Kabupaten Banggai Laut adalah batu granit dan pasir kuarsa. Saat ini belum ada investor/perusahaan swasta yang masuk. Ijin tidak diberikan di Pulau Banggai karena luas pulau yang kecil. Kemudian dari investor ingin tambang rakyat, di mana bahan dan modal dari investor.

Sumber pasir kuarsa di kabupaten ini tidak habis, serta memiliki butiran besar dan sudah dites di laboratorium provinsi. Untuk potensi lain seperti bijih besi terdapat di Torokst dengan potensi kecil.

Banggai arah utara memiliki protensi granit. Tetapi, granit di kabupaten ini sudah rapuh karena sering terjadi gempa. Pulau Bangkurung memiliki granit yang berwarna keabu-abuan di Kanari, demikian juga dengan Pulau Labobo memiliki potensi batu granit abu-abu.

Peta Administrasi Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah

Statistik Pengunjung

5.png5.png5.png8.png0.png
Today4
Yesterday28
This week4
This month176

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378