Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Pada tanggal 7 November 2017, bertempat di  Lantai 14 Gedung 2 BPPT, Jl. Thamrin-Jakarta, telah dilaksanakan FGD Kajian Geofisik Lahan Gambut, Direktur  PTRRB mendampingi Bapak Deputi TPSA ( Prof. Ir. Wimpie Agoeng Noegroho Aspar, MSCE, PhD ), hadir dalam acara tersebut.

Acara FGD ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kerja sama antara BPPT dengan BRG, dengan judul kegiatan Kajian Geofisik Tanah Gambut untuk pendugaan sumber air sumur hidran, yang telah dilaksanakan selama 4 bulan, oleh Tim TPSA yaitu PTRRB, PTPSM dan PTPSW.

Maksud dan Tujuan kerja sama adalah: Mengkaji kondisi bawah permukaan di lahan gambut, dengan prioritas adalah penentuan akuifer. Selanjutnya akan dilakukan pengeboran, agar pembuatan sumur bor tersebut efektif dan efisien maka perlu di lakukan kajian geolistrik untuk memperkirakan keberadaan air tanah di lahan gambut sebagai dasar penentukan lokasi pembuatan sumur bor.

Pembuatan sumur bor di maksudkan untuk bisa membasahi lahan gambut yang jauh dari kanal dengan cara memompa air dari dalam tanah disiramkan pada areal lahan gambut yang kering untuk menjaga kelembaban lahan gambut agar tidak mudah terbakar.  Sumur bor tidak hanya di buat di lahan gambut yang jauh dari kanal tetapi juga dibuat di dekat kanal yang diperkirakan kering pada musim kemarau.

Sebagai lokasi kajian telah di tetapkan 5 Kawasa Hutan Gambut (KHG) yaitu: KHG Pulau Padang (Prov. Sumatera Selatan), KHG Sungai Merang – Sungai Ngirawan dan KHG Sungai Saleh – Sungai Sugihan di Prov. Riau dan KHG Katingan – Sungai Sebangau serta KHG Sungai Sebangau – Sungai Kahayan di Prov. Kalimantan Tengah.

Dalam sambutan dan arahannya, Bapak Deputi TPSA mengingatkan pentingnya akan tertib substansi sesuai kontrak dan tertib administrasi, selain itu Bapak Deputi TPSA juga menekankan akan keberlangsungan kerja sama di masa yang akan datang, dengan mengsinergikan kegiatan dengan kegiatan di Kedeputian TPSA, seperti monitoring Karhutla dan Pementaan Wilayah Lahan Gambut.

Hadir dalam acara FGD tersebut adalah para pejabat dilingkungan BRG, diantaranya:
a.    Bpk Abdul Karim Mukharomah dari Deputi II Bidang Penelitian dan Pengembangan.
b.    Bpk. C Nugroho S Priyono, dari Deputi II Bidang Penelitian dan Pengembangan
c.    Bpk. Rudi Priyanto, dari Deputi IV Bidang Konstruksi dan Fisik.
d.    Staf Kedeputian Penelitian dan Pengembangan

Statistik Pengunjung

6.png0.png0.png0.png3.png
Today19
Yesterday43
This week19
This month208

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378