Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Pada tanggal 29 Maret 2019, bertempat di Ruang Cakrawala, Geostech Serpong, PTRRB bekerja sama dengan PANASONIC, menyelenggarakan acara Uji Coba Teknologi Mobile BTS. Agenda Uji Coba teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi kebencanaan berbasis radio yang pernah di lakukan pada kegiatan MMDIREX tahun 2014 di Sumatera Barat. Tekonologi berbasis mobile BTS diyakini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena bencana, selama infrastruktur komunikasi komersial belum dapat diandalkan karena dapat langsung berkomunikasi dengan menggunakan telpon genggam milik mereka (masyarakat).

 

 

Peralatan Mobile BTS juga sangat ringan, dengan manfaat dapat mempercepat proses pengiriman informasi dari lapangan ke pusat kendali, melalui pengiriman data dalam bentuk teks dan gambar. Untuk daerah yang masih belum memiliki infrastruktur komunikasi komersial seperti pulau terluar dan pedalaman, teknologi ini sangat membantu kebutuhan komunikasi masyarakat.

 

 

Hadir dalam uji coba Teknologi Mobile BTS adalah Bpk Ridwan Yunus (Direktorat Pengurangan Risiko Bencana – BNPB), Bpk Bambang (Direktorat Kesiapsiagaan - BNPB), Bpk Edi Asmoro (Direktorat Operasi Sumberdaya – Kemen Kominfo) berserta rombongan, Mr. Ashigaki Shigeki (JICA), perwakilan Pusyantek, para peneliti dan perekayasa di lingkungan PTRRB serta perwakilan dari unit kerja di TPSA – BPPT, sedangkan dari pihak Panasonic, hadir Mr. Nakamura, Mr Namba berserta staff.

 

 

Hasil uji coba Mobile BTS sangat baik dan diharapkan dapat dioperasikan pada kegiatan pelatihan gempa bumi dan tsunami di Aceh pada pertengahan 2017.

 

Statistik Pengunjung

5.png5.png5.png8.png2.png
Today6
Yesterday28
This week6
This month178

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378