Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara BPPT dengan PT. ADARO INDONESIA di Jakarta berkenaan dengan rencana kerja sama, maka PT ADARO mengundang tim BPPT - PTRRB untuk melakukan kunjungan lapangan pada tanggal 6 - 8 Maret 2017 ke Lokasi Pertambangan Batubara di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.  Untuk itu Tim BPPT – PTRRB  mengirimkan 3 (tiga) tenaga ahli yaitu : Ir. Nana Sudiana, M.Si, Ir Hasmana Soewandita MSi dan Ir. Budi Rahayu.

Tujuan kunjungan lapangan ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi serta verifikasi lapangan terkait permasalahan di PT Adaro yaitu penanganan sedimentasi dan lumpur tambang yang bersumber dari kegiatan penambangan dan erosi di wilayah penambangan.

Agenda kegiatan yang sudah dilakukan meliputi induksi keselamatan dan opening meeting, survey lapangan, dan closing meeting.  Dalam opening meeting yang dipimpin oleh Main Services Departement (Bpk. Putih Fajar) tersebut, agenda diisi dengan:

  1. Perkenalan dari masing-masing pihak
  2. Presentasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh PT ADARO yaitu menyangkut sedimentasi dan lumpur tambang yang bersumber dari kegiatan penambangan dan erosi di wilayah penambangan.
  3. Presentasi produk-produk inovasi teknologi PTRRB BPPT yang terkait dengan pemecahan permasalahan tersebut di atas, yaitu teknologi BitTumMan, Teknologi Biotextille, dan Teknologi Penangantan Lumpur di Kolam Pengendapan (Settling Pond).
  4. Kunjungan lapangan, ke areal disposal material over burden, kegiatan penambangan open pit, revegetasi dan pembibitan, areal penanganan lumpur sedimen.

Sedangkan pada saat Closing meeting di pimpin oleh Pak Didik Triwibowo dari HSE Compliance.  Hasil meeting ini adalah:

  1. Laporan evaluasi hasil kunjungan lapangan
  2. Pembahasan mekanisme kerjasama
  3. Pembahasan pembangunan demplot untuk penerapan teknologi BiTumMan seluar 2-3 Ha dan BioTextille seluas 2 Ha (lereng 10 meter, sepadan lereng 10 meter dan panjang 1.000 meter) .
  4. Solusi penanganan lumpur akan disampaikan kemudian setalah dilakukan analisis data dan modelling.
  5. PT. ADARO menawarkan arealnya untuk dijadikan laboratorium alam pengembangan teknologi lingkup pertambangan yang di kemas dalam bentuk kerjasama riset jangka panjang.

 

Statistik Pengunjung

6.png0.png0.png0.png1.png
Today17
Yesterday43
This week17
This month206

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378