Tel: (021) 7579 1378      Email: sekr-ptrrb@bppt.go.id

Menindaklanjuti hasil pertemuan  pada minggu sebelumnya antara BPPT - PTRRB, PT Cipta Unggul Teknologi dan  PT Tridegra Power tentang rencana aplikasi Biotextile untuk stabilitas lereng di areal sekitar lokasi penempatan konstruksi PLTMH di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, maka  pada tanggal 12-13 Februari 2017  dilakukan survai lapang terkait rencana aplikasi Biotextile. 

Survei lapang ini dilakukan oleh peneliti dan perekayasa PTRRB BPPT (Ir. Hasmana Soewandita, MSi, dan Ir. Nana Sudiana, MSi). Survei lokasi penempatan Biotextile ini untuk mengetahui kondisi lapangan menyangkut karakteristik biofisisk lahan yaitu kondisi cut and fill, kelerengan, jenis tanah, dan sifat fisik tanah.  

Hasil survei menunjukkan lokasi rencana aplikasi pada kemiringan lereng tebing antara 30o hingga 60o. Tekstur tanah antara liat hingga liat berpasir, sedangkan pada areal cut and fill terutama pada timbunan yang ditempatkan pada pinggir lereng belum stabil. Untuk rencana aplikasi Biotextile, pada lereng hasil cutting yang masih baru, memungkinkan untuk dilakukan aplikasi Biotextile, sedangkan pada areal timbunan masih diperlukan kegiatan teras dan penguatan tebing dengan pendekatan Bioengineering. Aplikasi Biotextile rencananya juga untuk pengendalian erosi pada tebing water way yang trasenya melalui pinggiran tebing (stelah dilakukan cut and fill).

Lokasi Rencana Aplikasi Biotextile di PLTMH Cibeber Kabupaten Lebak

 

 

Statistik Pengunjung

5.png3.png6.png3.png7.png
Today11
Yesterday33
This week175
This month778

Hubungi Kami

Gedung 820 Teknologi Sistem Kebumian (Geostech), Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan 15314

Telp/Fax (021) 75791378